Selasa, 06 Januari 2015

Tulisan

KIAT MENGATASI INTERVIEW KERJA

        Perkuliahan sudah selesai itu tandanya kita memasuki fase yang baru dimana kita mengimplementasikan apa yang di dapat saat kita kuliah. Yap, bekerja. Setelah lulus kuliah semua orang langsung ingin memiliki pekerjaan sesuai dengan bidang yang diminatinya. Apa yang sudah di dapat saat kuliah saatnya di praktekan pada duni kerja.

        Sebelum bekerja kita mendaftarkan diri pada intansi yang menyediakan lowongan kerja. Kita menyiapkan segala berkas-berkas dan data diri kita. Kita juga perlu membuat cv dan surat lamaran kerja, karena itu salah satu syarat untuk mendapatkan pekerjaan. Kemudian kita meletakkan berkas-berkas tersebut pada perusahaan yang kita tuju.

        Langkah awal kita untuk bekerja pada perusahaan yang kita inginkan adalah kita mengikuti ujian psikotest, diamana kemampuan kita di uji secara logika dan problem solving. Test ini sangat menguji kemampuan kita sebagai pelamar. Apabila hasil test sesuai dengan batas nlai yang di inginkan oleh perusahaan tersebut kita akan mengikuti langkah berikutnya yaitu interview kerja.


        Interview kerja lebih bersifat personel, karena kita akan di wawancarai oleh pihak perusahaan mengenai kepribadian kita, pekerjaan nantinya dan kemampuan kita dalam berinteraksi sangat berpengaruh saat interview. Di tahap ini kita di tuntut untuk pandai berucap kata dan mengambil sikap. Karena ini sangat berpengaruh diterimanya kita atau tidak. Kiatnya adalah santai, focus, menguasai apa yang menjadi bahan pertanyaan dan jangan lupa berdoa. Tidak boleh gugup ataupun terbata-bata saat interview, karena itu akan mengurangi nilai kita. Dan yang terpenting adalah kita bisa menguasai emosional diri kita. Itu beberapa kita dalam menghadapi interview kerja. Dan yakinlah sama apa yang kalian pilih, dikarenakan passion kalian dan bukan sekedar gengsi belaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar