KIAT
MENGATASI INTERVIEW KERJA
Perkuliahan
sudah selesai itu tandanya kita memasuki fase yang baru dimana kita
mengimplementasikan apa yang di dapat saat kita kuliah. Yap, bekerja. Setelah lulus
kuliah semua orang langsung ingin memiliki pekerjaan sesuai dengan bidang yang
diminatinya. Apa yang sudah di dapat saat kuliah saatnya di praktekan pada duni
kerja.
Sebelum
bekerja kita mendaftarkan diri pada intansi yang menyediakan lowongan kerja. Kita
menyiapkan segala berkas-berkas dan data diri kita. Kita juga perlu membuat cv
dan surat lamaran kerja, karena itu salah satu syarat untuk mendapatkan
pekerjaan. Kemudian kita meletakkan berkas-berkas tersebut pada perusahaan yang
kita tuju.
Langkah
awal kita untuk bekerja pada perusahaan yang kita inginkan adalah kita
mengikuti ujian psikotest, diamana kemampuan kita di uji secara logika dan
problem solving. Test ini sangat menguji kemampuan kita sebagai pelamar. Apabila
hasil test sesuai dengan batas nlai yang di inginkan oleh perusahaan tersebut
kita akan mengikuti langkah berikutnya yaitu interview kerja.
Interview
kerja lebih bersifat personel, karena kita akan di wawancarai oleh pihak
perusahaan mengenai kepribadian kita, pekerjaan nantinya dan kemampuan kita
dalam berinteraksi sangat berpengaruh saat interview. Di tahap ini kita di
tuntut untuk pandai berucap kata dan mengambil sikap. Karena ini sangat
berpengaruh diterimanya kita atau tidak. Kiatnya adalah santai, focus,
menguasai apa yang menjadi bahan pertanyaan dan jangan lupa berdoa. Tidak boleh
gugup ataupun terbata-bata saat interview, karena itu akan mengurangi nilai
kita. Dan yang terpenting adalah kita bisa menguasai emosional diri kita. Itu beberapa
kita dalam menghadapi interview kerja. Dan yakinlah sama apa yang kalian pilih,
dikarenakan passion kalian dan bukan sekedar gengsi belaka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar