Selasa, 30 September 2014

MOTIVASI BELAJAR

MOTIVASI BELAJAR

                Bertemu kembali dengan penulis yang sudah lama tidak mengisi blog. Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai motivasi belajar. Sebelumnya apasih belajar itu ? untuk mendapatkan motivasi dalam belajar kita harus tahu apa itu belajar, tujuan kita belajar untuk apa ? manfaat apa yang kita dapatkan dari belajar dan darimana kita belajar ?.
                Menurut penulis belajar adalah proses kita dari tidak tahu menjadi tahu dan di implementasikan dalam kehidupan kita. Disini saya bilang proses karena dalam mencari tahu kita tidak bisa menerima ilmu yang kita dapat begitu saja tapi kita harus tela’ah dan kita pelajari, apakah ilmu tersebut baik untuk kita dan orang lain dan apakah ilmu itu sesuai yang kita cari atau tidak. Setelah proses tersebut sudah kita lakukan, maka disini kita bisa implementasikan ilmu kita dalam kehidupan kita.
                Tujuan belajar pun sama dengan pengertian belajar itu sendiri, tapi saya akan bahas lebih dalam lagi. Saya belajar karena ingin pintar, pintar agar berguna, berguna untuk masyarakat dan bangsa. Sangatlah senang apabila kita bisa berguna. Dalam agama pun di ajarkan “sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang berguna untuk sesama”  dan imu yang berguna adalah ilmu yang di amalkan walupun sedikit. Itulaha tujuan mengapa belajar itu penting. Alangkah ruginya apabila kita menjadi orang bodoh.
                Setelah tahu semua itu termotivasi lah kita untuk semangat dalam belajar. Belajar bisa darimana saja, dari bayi dari lahir pun kita bisa belajar. Dari pencopet pun kita bisa belajar, belajar untuk tidak merugikan orang lain. Motivasi datang dari niat yang ikhlas kita untuk menuntut ilmu. Pihak luar pun dapat mempengaruhi motivasi kita dalam belajar. Seperti, orang tua, pacar, suami, istri, sahabat, kakek, nenek, adik, kakak bahkan musuh pun bisa jadi motivasi kita untuk belajar.  Dan satu hal, lingkungan sangat berpengaruh dalam memotivasi kita belajar.
                Memang, terkadang kita mengalami depresi dalam belajar. Motivasi berkurang bahkan hilang. Itu yang menyababkan orang menjadi bodoh. Dan disinilah mengapa ada tujuan belajar, disaat motivasi sudah menghilang ingatlah kembali apa tujuan kita belajar dan untuk siapa kita belajar.
                Jadi, jangan pernah menyerah dalam menuntut ilmu. Ilmu yang tinggi dapat meninggikan derajat kita di masyarakat bahkan di hadapan Tuhan. Selamat berproses, karena berproses itu indah J.
               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar