Minggu, 25 Maret 2012

ADAB PENULISAN DI INTERNET


ADAB PENULISAN di INTEERNET

Sudah menjadi rahasia umum kalau internet  sekarang menjadi kebutuhan bagi masyarakat sekarang ini. Dalam beberapa bidang pekerjaan,pekerjanya sangat bergantung pada media internet. Dari segala umur sudah menjadi pengguna internet bahkan ada yang sudah kecanduan dengan internet. Hal ini di karenakan penggunaan internet yang sangat bebas dan mudah.

Melalui media internet banyak hal yg bisa kita lakukan dari sekedar memuaskan hobi secara individu bahkan sampai bisa menghasilkan uang dan membuat kita sukses. Semua orang bebas menggunakan jasa internet. Tak ada larangan siapa pun untuk mengunakannya. Hal ini lah yang menjadikan dampak negative bagi sebagian orang. Mereka memanfaatkan internet sebagai tindak criminal dan merugikan orang lain.

Oleh karena itulah saya mencoba menuliskan artikel yang berupa adab penulisan di internet. Inilah uraian dari saya.

1.     Tulisan kita di intenet sangat di anjurkan untuk tidak mengandung SARA (Suku,Agama,Ras,Adat) yaitu penulis tidak boleh menyinggung orang lain dalam tulisannya. Kita harus bertoleransi tinggi dan saling menghargai. Dengan begitu tulisan kita sangat di hargai oleh orang lain.

2.     Harus menggunakan EYD yg benar karena tulisan kita di intenet akan dikenal secara universal dan untuk mempermudah para pembaca memahami dan mengerti tulisan kita.

3.     Tidak boleh menyebutkan merk dari suatu produk atau instansi yamg berkaitan dengan tulisan anda. Sebaiknya anda mengunakan inisial saja.

4.     Harus menghargai karya cipta orang lain kita tidak boleh copy paste karya orang lain tanpa seijin si pencipta.

5.     Tulisan yang anda buat jangan  berisikan berita kebohongan atau yg belum tentu kebenarannya (hoax).

6.     Jangan yang bersifat menghasut dalam untuk melakukan kejahatan.

7.     Jangan untuk mencela suatu instansi atau pun organisasi.

8.     Harus mengunakan bahasa yang sopan.

Demikian uraian dari saya semoga bermanfaat untuk para pembaca. Tetaplah berkreatifitas dalam menulis dan bebas namun tetap bertanggung jawab dan mematuhi norma norma yang berlaku agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar