Jumat, 11 November 2011

Peran Pemuda dalam Masyarakat.

                Pemuda adalah generasi bangsa dan generasi penerus dari generasi terdahulu. Anggapan itu di merupakan beban moral bagi pemuda itu sendiriuntuk memnuhi tanggung jawab yang diberikan oleh generasi tua. Pemuda sangat berperan dari dalam pembangunan bangsa. Pada jaman dahulu pemuda lah yg berani untuk melawan penjajah dan menegakkan keadilan.
            Zaman dahulu Indonesia mempunyai tokoh pemuda  yang sangat berperan penting bagi kemerdekaan Indonesia seperti Ir. Sukarno, Moh. Hatta, Sutan Syahrir, Bung Tomo dan lain-lain dengan penuh mengorbankan dirinya untuk bangsa dan Negara. Sungguhlah dari tangan dan gerakkan yang di lakukan oleh pemuda Indonesia bisa merdeka.
            Terbukti dengan adanya sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, pada saat itu masih kompak sekali para pemuda untuk bangsa Indonesia. Tapi lihatlah jaman sekarang ini seakan rasa cinta terhadap negara sendiri mulai redup dan luntur. Inilah akibat dari globalisasi dan modernisasi yang mempengaruhi mereka lebih bangga kalau mereka mencintai dunia barat.
            Dalam masyarakat pun sudah jarang sekali terlihat pemuda yang terlibat dalam kegiatan masyarakat seperti kerja bakti, acara-acara keagamaan, adat istiadat biasanya yang berperan aktif dalam menyukseskan acara tersebut adalah pemuda sekitar. Pemuda sekarang lebih suka dengan kesenangan, selalu bermain-main dan bahkan ketua RT/RW nya saja dia tidak tahu.
            Mereka lebih tertarik untuk bermain internet dan telepon genggam mereka. Disinliah peran orangtua sangat penting dalam membentuk kepribadian seorang pemuda. Mereka harus biasa mendidik para anaknya unruk menjadi pemuada yang mempunyai jiwa sosialisai yang tinggi. Namun, sekarang terlihat para pemuda lebih suka mengambil langkah sendiri dan senang mencari kebebasan. Karena itulah pemuda banyak yang terjerumus pada kenakalan remaja saat ini.
            Selaku Pemuda kita dituntut aktif dalam kegiatan-kegiatan masyarakat, sosialisasi dengan warga sekitar. Kehadiran pemuda sangat dinantikan untuk menyokong perubahan dan pembaharuan bagi masyarakat dan negara. Aksi reformasi disemua bidang adalah agenda pemuda kearah masyarakat madani. Reformasi tidak mungkin dilakukan oleh orang tua dan anak-anak.
Dengan penuh harapan moga pemuda-pemudi dan generasi penerus harapan bangsa dapat menjelma menjadi sukarno-sukarno masa depan dengan samangat juang yang tinggi. Sebagai motor perjuangan bangsa. Ingat kata-kata dari Ir Soekarno “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kugoncangkan dunia”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar