Jumat, 11 November 2011

Kesenjangan Sosial


                Kesenjangan Sosial disebabkan karen adanya konflik di lingkungan masyarakat itu sendiri yang berkaitan dengan status ekonomi. Namun dalam pandangan masyarakat, kesenjangan itu juga muncul karena adanya peranan pemerintah dengan memberikan berbagai kemudahan sehingga memunculkan potensi konflik. Karena itu, pemerintah diharapkan dapat mengeluarkan berbagai kebijakan untuk mengurangi kesenjangan tersebut guna meredam potensi konflik yang ada di masyarakat.
Untuk mempermudah pembahasan, kesenjangan sosial diartikan sebagai kesenjangan (ketimpangan) atau ketidaksamaan akses untuk mendapatkan atau memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumber daya bisa berupa kebutuhan primer, seperti pendidikan, kesehatan, perumahan, peluang berusaha dan kerja, dapat berupa kebutuhan sekunder, seperti sarana pengembangan usaha, sarana perjuangan hak azasi, sarana saluran politik, pemenuhan pengembangan karir, dan lain-lain.
Pemerintah harus lebh giat lagi untuk mensejahterakan masyarakat. Dengan cara menciptakan lapangan kerja,memberi pelathan kepada terhadap tenaga kerja yang kurang bermutu,meningkatkan kualitas tenaga kerja di Indonesia, memberi pelatihgan sejak dini, dan meningkatkan kualitas anak SMK dan STM.
Masyarakat harus di bekali pengetahuan yang luas agar tidak mudah terpancing emosi dan memicu keributan antar masyarakat. Berkurangnya tingkat kriminal di lingkungan masyarakat sangat berpengaru terhadap kesenjangan sosial itu sendiri dan tidak ada lagi konflik yang merebak di masyarakat.
               

               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar